MATERI SELAMA MPLS TAHUN 2024/2025

Nama:Nadia Putri zahrani 
Kelas: X D

MPLS HARI PERTAMA 
1. Harus berada disekolah pada pukul 07.15

2.Menandatangani absen sebelum masuk ruangan sesuai kelompok yang di tentukan.

3.periksa kelengkapan atribut.

4.lalu turun ke lapangan untuk mengikuti upacara pembukaan dan literasi penyuluhan BNN tentang narkoba.

5.setelah selasai literasi semua murid mpls kembali keruangan masing-masing.

6. Di dalam ruangan dijelaskan tentang materi "Tata Krama" Dan " kurikulum merdeka"

7.para anggota osis memperkenalkan lingkungan sekolah dan memperkenalkan guru-guru SMA 7 Samarinda, kepala sekolah,beserta staff.

                     MATERI PERTAMA

•TATA KRAMA
Tata Krama disebut juga dengan sopan santun atau etika yang telah menjadi bagian dalam hidup.

•Manfaat tata Krama 
-Menjadikan pribadi yang disegani, dihormati, dan disenangi oleh orang lain.  -Memudahkan hubungan baik dengan orang lain.
-Memberi keyakinan pada diri sendiri dalam setiap situasi.

•Contoh tata Krama 
-bersikap baik dan saling menyapa orang lain,bersikap toleransi, menjaga perilaku agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain, menghormati orang lain tanpa merendahkan mereka.

                     MATERI KEDUA

•KURIKULUM MERDEKA :

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang diterapkan pada jenjang pendidikan SMA dengan kegiatan belajar mengajar yang lebih mudah.

Kurikulum merdeka mencakup 3 tipe: pembelajaran intrakurikuler, pembelajaran kokurikuler, pembelajaran ekstrakurikuler.

• MANFAAT KURIKULUM MERDEKA:

Kurikulum Merdeka memungkinkan siswa untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhannya. Siswa juga dapat memilih mata pelajaran yang mereka minati dan sukai. Kurikulum Merdeka juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif, inovatif, dan mandiri dalam proses belajar.

                     MATERI KETIGA
•TEMA P5

Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terdiri dari enam tema umum untuk semua jenjang pendidikan.

1) gaya hidup berkelanjutan

2) kearifan lokal

3) suara demokrasi

4) bhinneka tunggal ika

5) bangunlah jiwa dan raganya

6) rekayasa teknologi, kewirausahaan, kebekerjaan.

MPLS HARI KEDUA
1. Harus berada di sekolah pada jam 7.15

2. Menandatangani absen sebelum masuk ruangan.

3. Literasi penyuluhan anti bullying

3. Didalam ruangan kami dijelaskan materi tentang "profil pelajar pancasila".
•Menganalisis dan mengefaluasi penalaran.

A.Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  P5 adalah kegiatan kukurikulum berbasis projek, yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

B.Profil Pelajar Pancasila

a.Definisi Profil Pelajar Pancasila
     Adalah sejumlah karakter dan kompetisi yang diharapakan untuk diraih oleh peserta didik yang di dasarkan nilai luhur pancasila.

b.Kegunaan profil pelajar pancasila
•Menerjemahkan tujuan dan fisi pendidikan kedalam format yang lebih mudah di pahami.
•Menjadi kompas bagi pendidikan dan pelajar indonesia.
•Tujuan akhir pembelajaran program dan kegiatan di satuan pendidikan.

a.Dimensi
  1.Bertaqwa,beriman kepada tuhan yg maha esa
  2.Berkebhinekaan global
  3.gotong royong
  4.mandiri
  5.kreatif
  6.bernalar kritis

C.Elemen profil pelajar pancasila

1.bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia :
•Akhlak beragama.

•Akhlak pribadi.

•Akhlak kepada manusia.

•Akhlak kepada alam.

•Akhlak bernegara.



2.Berkebhinekaan Global :

•Mengenal dan menghargai budaya.

•Kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama.

•Refleksi dan tangggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

3.Gotong Royong:

•Kolaborasi.

•Kepedulian dan berbagi.

4.Mandiri:

•Kesadaran akan diri sendiri serta leguradi diri.

5.Kreatif:

•Menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

6.Bernalar Kristis:

•Memperoleh dan memperoses informasi dan gagasan.

•Menganalisis dan mengefaluasi penalaran.

•Merefleksi pemikiran dan proses berfikir.

•Mengambil keputusan.

C.Pentingnya Lingkungan Sehat

  Lingkungan sehat merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, memiliki lingkungan sehat memberikan dampak positif.

a.Definisi Lingkungan Sehat

•Bebas dari polusi.

•Sanitasi baik.

•Akses sumber daya yang cukup.



b.Komponen Lingkungan Sehat

•Udara bersih.

•Air bersih.

•Sanitasi

•Keberagaman Hayati.



c.Inisiatif Pemerintah Untuk Lingkuang Sehat

•Pengelolaan sampah.

•Peningkatan kualitas Air.

•Penegakan hukum.



MPLS HARI KETIGA
1. Harus berada disekolah pada jam 07.15

2. Menandatangani absen sebelum masuk ruangan.

3. Didalam ruangan kami dijelaskan materi tentang "pentingnya lingkungan sehat" dan "kesehatan remaja.

4. Demo esktakurikuler SMA NEGERI 7 SAMARINDA

4. Bermain games yang di adakan oleh organisasi sekolah

5. Upacara penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

                  MATERI PERTAMA 
Kesehatan Remaja

    Banyak dari remaja sekarang yang mengabaikan kesehatan mereka.Padahal kesehatan adalah infestasi bagi kita.Salah satu yang paling sering dilakukan remaja ada lah tidak mengontrol makanan apa yang mereka makan.Apakah itu seimbang,Apakah terdapat gizi dalam makanan itu.

     Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan.























Popular posts from this blog

Link Presentasi Kelompok dan Mandiri

KEGIATAN ORIENTASI KEDISPLINAN

Tugas Literasi